Jumat, 13 Juni 2014

Pengertian dan perbedaan macam-macam peripheral jaringan


Technology Addict - Hai sobat Bloggers, Hari ini saya akan menulis artikel sedikit tentang "Pengertian HUB, Switch, Router, Repeater, Access Point" kebetulan ada tugas tentang ini disekolah. Jadi, langsung di tulis aja sekalian di artikel ^_^

HUB

Bekerja sebagai penyambung atau concentrator saja. dia bekerja pada OSI Layer 1.  HUBtidak Mengenal MAC Addressing / Physical Addressing sehingga tidak bisa
memilah data yg harus ditransmisikan sehingga kemungkinan terjadi collision ini tdk bisa dihindari.

Fungsi HUB, Memfasilitasikan penambahan atau penghilangan workstation, Menawarkan featur yang fault tolerance ( Isolasi Kerusakan ), Memberikan management yang tersentralisasi ( koleksi informasi, diagnostic)


Implementasi, Biasanya HUB banyak digunakan untuk jaringan LAN token star


Perbedaan HUB dan SWITCH, Sama seperti switch, tetapi perbedaannya adalah HUB tidak memiliki faslitas routing. Sehingga semua informasi yang datang akan dikirimkan ke semua komputer (broadcast)



Switch

SWITCH, adalah  HUB pintar yang mempunyai kemampuan untuk menentukan tujuan MAC address dari packet. Daripada melewatkan packet ke semua port, switch meneruskannya ke port dimana ia dialamatkan.

FUNGSI,  Berfungsi untuk menghubungkan kabel-kabel UTP ( Kategori 5/5e ) komputer yang satu dengan komputer yang lain.

IMPLEMENTASI, digunakan untuk jaringan LAN

PERBEDAAN SWITCH dan ROUTERSWITCH merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN) sedangkan, ROUTER  penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya

Router

Router adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk membagi Protocol kepada jaringan-jaringan lainnya, maka dengan router sebuah protocol bisa kita sharing ke perangkat jaringan lainnya.
Fungsi ROUTER :
  • Menghubungkan beberapa  jaringan untuk menyampaikan data dari suatu jaringan ke jaringan yang lain. Namun router berbeda dengan Switch, karena Switch hanya digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer dan membentuk LAN (local area network).
  • Untuk mentransmisikan informasi dari satu jaringan ke jaringan lain yang sistem kerjanya seperti BRIDGE.
  • Untuk menhubungkan jaringa lokal kesebuah koneksi DSL biasa juga disebut DSL router. Router ini umumnya memilki fungsi firewal untuk melakukan penapisan paket berdasarkan sumber serta alamat tujuan paket tersebut, namun tidak semua router memiliki fungsi yang sama.
Kelebihan ROUTER :
  • Isolasi trafik broadcast. Kemampuan ini memperkecil beban jaringan karena trafik jenis ini dapat diisolasikan pada sebuah LAN saja
  • Fleksibel
  • Router dapat lebih dikonfigurasi daripada bridge
Kekurangan ROUTER :
  • Tergantung pada protokol. Router yang beroperasi pada lapisan network OSI hanya mampu meneruskan trafik yang sesuai dengan prookol yang diimplementasikan.
  • Pengalokasian alamat. Dalam internetwork yang menggunakan router, memindahkan sebuah mesin dari LAN yang satu ke LAN yang lain berarti mengubah alamat alamat jaringan pada sistem itu.
PERBEDAAN ROUTER dan REPEATER, router sebagai penghubung ke sebuah jaringan sedangkan, repeater sebagai penguat sinyal dan memperluas koneksi.

Repeater

REPEATER,  suatu alat yang berfungsi memperluas jangkauan sinyal WIFI yang belum tercover oleh sinyal dari server agar bisa menangkap sinyal WIFI.

Fungsi, Untuk mengover daerah-daerah yang lemah sinyal dari Server (pemancar), Untuk memperjauh sinyal dari Server (pemancar), Untuk mempermudah akses sinyal Wifi dari Server

Implementasi, digunakan pada jaringan LAN ataupun Wifi

Perbedaan REPEATER dan Access Point, repeater digunakan untuk memperkuat sinyal dari Server sedangkan, Access Point adalah perangkat keras yang memungkinkan perangkat lain untuk terhubung ke jaringan kabel menggunakan Wi-fi.

Access Point
Access Point yaitu perangkat keras yang memungkinkan perangkat wireless lain (seperti laptop, ponsel) untuk terhubung ke jaringan kabel menggunakan Wi-fi, bluetooh atau perangkat standar lainnya.

FUNGSI, pengatur lalu lintas data, sehingga memungkinkan banyak Client dapat saling terhubung melalui jaringan, Sebagai Hub/Switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel.

IMPLEMENTASI, digunakan dirumah, kantor, atau tempat umum.

Perbedaan Access Point dan HUB, access point adalah perangkat keras yang memungkinkan perangkat lain tersambung ke internet sedangkan, HUB adalah penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN) namun tidak memiliki kemampuan ROUTING


Demikianlah artikel yang dicopas dari tugas saya, jika ada kurang lebih saya mohon maaf :)
Wassalamualaikum Wr Wb.

1 komentar:

  1. Pengertian Dan Perbedaan Macam-Macam Peripheral Jaringan ~ Nitip Gan! >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Pengertian Dan Perbedaan Macam-Macam Peripheral Jaringan ~ Nitip Gan! >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Pengertian Dan Perbedaan Macam-Macam Peripheral Jaringan ~ Nitip Gan! >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK 39

    BalasHapus

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut